Senin, 15 Juni 2020

EMIL DARDAK : MASA DEPAN MADURA ADALAH MARITIM



SUMENEP,  iNews.id - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak berbicara soal masa depan Madura. Menurutnya, Madura memiliki keistimewaan yang belum tentu dimiliki oleh wilayah lain di Jatim.


Bupati Trenggalek nonaktif itu mengatakan, Madura lebih diberkahi sumber daya energi yang sangat besar dibandingkan dengan daerah lain di Jatim. Dia mencontohkan, salah satu Kabupaten Sumenep yang memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Rp22 triliun dan Rp8 triliun dari nilai tersebut berasal dari sumber daya energi.


"Inilah sebenarnya yang menjadi berkah bagi Madura. Ada yang berpikir Madura itu miskin, siapa bilang? Padahal Sumenep sendiri saja PDRBnya Rp22 triliun. Makanya, jangan sampai mendengar kata Rp1 triliun saja untuk Madura sudah merasa luar biasa. Jika hanya angka-angka kami lempar begitu saja tapi kami tidak mengetahui benar situasi dan konteks dari Madura ini bahaya," ungkap Emil di acara seminar nasional bertema Masyarakat Madura Pascajembatan Suramadu, di Hotel Utami Sumekar, Sumenep, Senin (2/4/2018).


Suami Arumi Bachsin itu juga menilai, jika ingin melihat masa depan Madura yang maju sebagai sebuah daerah, maka harus dikembangkan potensi maritim mengingat lokasinya yang sangat dekat dengan Samudera Pasifik. Pengembangan tersebut khususnya bagi wilayah Madura utara yang tanahnya tidak terlalu subur dibanding bagain selatan.


"Pesisir Madura harus didorong dari sisi Utara, penggerak utama adalah pelabuhan Tanjung Bulu Pandan," katanya.


Emil menerangkan, secara detail Madura sangat strategis untuk dibangun pelabuhan samudera. Hanya saja pembangunan tersebut sangat membutuhkan dana yang sangat luar biasa. Oleh karenanya, kata dia, dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat atau badan usaha milik negara (BUMN) untuk membangun pelabuhan Tanjung Bulu Pandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar