Senin, 15 Juni 2020

APMI SUMENEP GANDENG DPDRD UNTUNG KELOLA POTENSI MARITIM


MNOL, Madura – Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengajak anggota DPRD setempat untuk mengawal pengembangan dan pemberdayaan poros maritim di Sumenep.
APMI Sumenep dan DPRD Sumenep akan menjadi mitra dalam mengelola potensi kemaritiman setempat dalam rangka mendukung program pemerintah membangun poros maritim dunia. Keduanya akan menjadi penggerak pembangunan maritim di daerah Sumenep.


“Sumenep ini memiliki potensi yang bernilai ekonomis seperti perikanan, garam, wisata bahari, dan migas. Untuk itu, anggota dewan mempunyai kewajiban dalam mengawal potensi yang dimiliki Sumenep,” ungkap Ketua Umum Komda APMI Sumenep, Urip prayitno beberapa hari lalu di Sumenep.
Menurutnya, Sumenep memang sangat potensial di bidang kemaritiman, Namun selama ini masih kurang diperhatikan.


Sementara itu, ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma menyambut baik aspirasi pengembangan poros maritim di Sumenep oleh Komda APMI Sumenep, bersama mengawal semua kepentingan rakyat termasuk mengembangkan potensi Sumenep yang ada khususnya pada sektor kemaritiman.


“Kami memang butuh dukungan dari pemuda untuk mewujudkan Sumenep lebih baik, apalagi dengan adanya pemuda maritim tupoksi pengembangan poros maritim akan dikawal dengan betul,” ucap ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma.
Ia berharap, pemuda maritim juga saling bahu-membahu membangun sektor kemaritiman yang ada di Sumenep. Sebab, potensi yang melimpah tinggal bagaimana pengelolaannya.


“Kalau selama ini program realisasi pemerintah belum sesuai target, mari ke depan terus dipantau dan terus diberi masukan agar bisa lebih giat lagi,” harapnya.
Selain perikanan dan rumput lautnya, Sumenep juga memiliki potensi wisata bahari yang tinggi. Di mana potensi tersebut dapat mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir Sumenep.



Secara sejarah, Sumenep juga memiliki peran penting dalam perjalanan maritim Nusantara. Berdirinya Kerajaan Maritim Nusantara, Majapahit tidak lepas dari jasa Adipati Sumenep Arya Wiraraja kala itu.



“Potensi sejarah itu juga tak bisa lepas dari kami yang berada di Sumenep untuk membangun kemaritiman Indonesia,” tambah Urip mengakhiri. (Tan/MN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar