Selasa, 16 Juni 2020

PROGRAM SEKAYA MARITIM, HARAP MAJUKAN USAHA PERIKANAN



News Room, Jumat ( 23/10 ) Program Pembangunan Seribu Kampung Nelayan yang Mandiri, Tangguh, Indah dan Maju (Sekaya Maritim) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), khususnya Desa di Kecamatan Pasongsongan, yakni Desa Panaongan dan Desa Pasongsongan, sangat tepat, sehingga masyarakat setempat bisa lebih mandiri sesuai harapan dari program tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir. Moh. Jakfar, MM kepada News Room, Jumat (23/10) mengungkapkan, 2 Desa di Kecamatan Pasongsongan sangat tepat menjadi sasaran program Sekaya Maritim, sehingga masyarakat di sana diharapkan bisa memajukan usaha di bidang perikanan, terutama usaha perikanan tangkap.

“Sebab, Program Sekaya Maritim merupakan program penanggulangan kemiskinan bagi nelayan skala kecil yang bertujuan untuk meningkatkan akses ketersediaan pelayanan dasar,”jelasnya.

Dikatakan, melalui program Sekara Maritim tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas hidup nelayan, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Seperti halnya dengan peningkatan pendapatan nelayan, memajukan daerah sasaran dengan ketersediaan tenaga terampil, penyerapan tenaga kerja, dan perkembangan sarana dan prasarana.

Dijelaskan, pada tahun 2015, KKP telah memfokuskan program Sekaya Maritim di 31 lokasi sentra nelayan terpadu, dengan total 100 kampung nelayan yang tersebar di Indonesia, salah satunya di Pelabuhan Pasongsongan Kabupaten Sumenep.

“Apakagi di wilayah Pelabuhan Pasongsongan merupakan kawasan mina politan (Kota Ikan), khususnya perikanan tangkap,”tambahnya. ( Ren, Esha )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar