Senin, 06 April 2020

WISATA GILI IYANG, SUMENEP

Gili Iyang, Pulau di Sumenep dengan Kadar Oksigen Tertinggi di Indonesia
Gili Iyang merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Jawa Timur. Gili Iyang berlokasi di Desa Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Menjadi tempat wisata terpopuler di Sumenep, Gili Iyang disebut sebagai pulau dengan kandungan oksigen paling bersih di Indonesia. Bahkan, Gili Iyang dinobatkan sebagai pulau di Indonesia dengan kadar udara terbersih nomor dua di dunia setelah Yordania.

Karena memiliki udara paling bersih di Indonesia, Gili Iyang dijuluki sebagai 'Pulau Oksigen'. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kandungan oksigen di Gili Iyang cukup tinggi, yaitu sekitar 3,4 - 4,8 persen di atas batas normal yaitu sekitar 20,95 persen. Kadar oksigen di Gili Iyang ini diperoleh dari kelestarian alam yang hingga kini masih terjaga dan tidak terkena polusi.

Masyarakat di Gili Iyang selalu menjaga dan melestarikan flora di sana supaya menghasilkan oksigen yang cukup banyak dan bersih. Selain memiliki udara yang masih bersih dan tidak tercemar, Gili Iyang memiliki pesona yang luar biasa. Air di pulau tersebut memiliki tingkat kejernihan yang cukup tinggi. Sehingga dari permukaan bisa tampak biota laut yang masih terjaga dan tidak tercemar limbah.
Di pesisir lautan lepas terdapat pasir putih halus yang masih alami. Pesona bawah laut di Gili Iyang begitu memesona, sehingga cocok dikunjungi traveler yang hobi menyelam. Tak hanya itu, di Gili Iyang juga terdapat tempat populer yang tidak pernah luput dari kunjungan traveler. Yaitu terdapat gua dengan stalaktit dan stalakmit yang masih alami karena dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat.
Oleh karena itu tak heran jika masyarakat di sekitar Gili Iyang banyak yang berumur panjang. Menariknya lagi, tingkat udara bersih di Gili Iyang disebut-sebut sebagai alasan awet muda dan berumur panjang. Jadi, ketika traveler pergi ke Gili Iyang jangan kaget ketika menjumpai masyarakat yang berusia lebih dari seabad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar